Senin, 31 Mei 2010

Pendidikan Untuk anak Gifted-Learning disabled

Pendidikan yang Tepat

Dalam merencanakan pendidikan bagi anak G/LD adalah penting
memperhatikan perkembangan dari kemampuan yang menonjol, minat, dan
kapasitas intelektual mereka.
Dan persoalan kesulitan belajar mereka
yang cenderung menjadi permanen, juga seyogyanya menjadi pertimbangan
penting untuk mengarahkan dan mendorong mereka untuk menggunakan
strategi kompensasi.
Jadi kita hendaklah mencari cara untuk
mengurangi kesulitanyang mereka alami dengan mengembangkan kemampuan
yang mereka miliki.

Program yang disediakan untuk mereka haruslah difokuskan pada hal-hal
yang menjadi kelemahan mereka.

Mereka harus dibimbing untuk memahami
kelemahan dan kelebihannya lalu diarahkan untuk menyadari cara yang
tepat untuk mengurangi kesulitannya dalam belajar, dan sebaliknya
memupuk keberbakatanya.

Para guru dan orang tua harus membantu anak-
anak ini untuk membentuk konsep diri yang realistis dan sehat, di
mana mereka dapat menerima segalakekurangan dan kelebihan yang
dimilikinya.
Mereka harus disadarkan bahwa mereka dapat mengembangkan
cara alternatif dalam berpikir dan berkomunikasi, karena mereka dapat
belajar sesuai dengan kelebihan yang dimilikinya.

Anak dengan keistimewaan ganda ini membutuhkan kurikulum yang tepat
yang memperhatikan kebutuhan-kebutuhan mereka akan pendidikan khusus
bagi kedua keistimewaan tersebut.

Kebutuhan ini berhubungan dengan
keberbakatannya dan kelemahan atau kesulitannya yang spesifik
(Whitemore, 1981).

Dan jangan sampai perlakuan-perlakuan yang
diberikan justru menghambat perkembangan dan pengekspresian
keberbakatannya.


sumber: http://groups.yahoo.com/group/cfbe/message/3092?l=1
ditulis oleh Endang Widyorini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar